Penerimaan Siswa Baru 2011



Selamat Idul Fitri 1433 H. Ladang Amal : Infaq Membangun Masjid kirim ke PANITIA PEMBANGUNAN MESJID MAN 2 Bandung, No. rekening 131 - 00 - 0752993 - 8, BANK MANDIRI KCP Bandung Ujung Berung

Senin, 22 Februari 2010

Mengabdi dan Bersyiar Islam

Selasa, 08 September 2009
Dimuat di Harian Umum Galamedia Bandung

Mengabdi kepada Masyarakat, Sebarkan Syiar Islam

LANTUNAN selawat Nabi terdengar begitu syahdu dari Masjid Besar Ujungberung. Puluhan pelajar Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Bandung terlihat larut dalam alunan selawat yang menggetarkan hati.

Kegiatan yang dipimpin Hambali, siswa kelas XI jurusan bahasa MAN 2 Bandung tersebut, merupakan bagian dari acara pembukaan kegiatan Pelaksanaan Pengabdian Lapangan (PPL) dan Studi Islam Intensif (SII).

"Kegiatan PPL khusus untuk kelas XII, sedangkan pelajar kelas X dan XI mengikuti SII di sekolah," ungkap Kepala MAN 2 Bandung, Drs. Wawan Sofyan saat ditemui "GM" di Masjid Besar Ujungberung Bandung, Minggu (6/9).

Pembukaan PPL dan SII dihadiri pejabat Departemen Agama (Depag) Kota Bandung, Drs. H. Zaidin Burhani, M.M.Pd., Ketua DKM Masjid Besar Ujungberung, H. Yusuf Supardi, serta Kepala MAN 2 Bandung, H. Wawan Sofyan.

Wawan mengungkapkan, program PPL pada bulan Ramadan merupakan salah satu syarat bagi pelajar MAN 2 Bandung untuk mengikuti ujian akhir. Tahun ini, kegiatan diikuti 314 siswa.

Dalam kegiatannya, para siswa terjun ke masyarakat untuk mengabdi dan mengisi kegiatan pesantren kilat (sanlat) di 22 lokasi, meliputi 9 SMP/MTs, 12 SD/MI, dan 1 orang pada kegiatan dewan keluarga masjid (DKM). Mereka akan dihadapkan dengan berbagai kegiatan lahan dakwah di bawah binaan guru pembimbing.

Bentuk pengabdian para pelajar tersebut di antaranya membantu pelaksanaan kegiatan sanlat di sekolah-sekolah dan DKM-DKM, serta melaksanakan kegiatan untuk menyemarakkan Ramadan di tengah-tengah masyarakat Bandung timur.

Sementara pelajar kelas X dan XI diwajibkan mengikuti SII di MAN 2 Bandung yang terletak Jln. Cipadung (Cibiru) Bandung. Kegiatan tersebut digelar selama sepekan, 7-12 September 2009. Para pelajar mengawalinya dengan praktik membaca Alquran yang dipandu guru. Kegiatan ini digelar agar siswa MAN 2 Bandung bebas buta huruf Alquran.

"Kegiatan SII selain mengutamakan siswa bebas buta huruf Alquran, juga bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," kata Wawan.

Kepala Seksi Madrasah Pendidikan Dasar (Mapenda) Sekolah Umum Kantor Depag Kota Bandung, Drs. H. Zaidin Burhani, M.M.Pd. mengatakan, kegiatan PPL tidak biasa dilaksanakan para pelajar MAN maupun sekolah umum lainnya. Namun, pelajar MAN 2 Bandung sudah dapat mengamalkan dan mempraktikkan langsung kepada masyarakat.

"Pola seperti ini akan terus dikembangkan dan bisa menjadi percontohan bagi siswa lainnya," kata Zaidin. a.r.rohim/"Galamedia Bandung")**

Tidak ada komentar: