Penerimaan Siswa Baru 2011



Selamat Idul Fitri 1433 H. Ladang Amal : Infaq Membangun Masjid kirim ke PANITIA PEMBANGUNAN MESJID MAN 2 Bandung, No. rekening 131 - 00 - 0752993 - 8, BANK MANDIRI KCP Bandung Ujung Berung

Rabu, 10 Maret 2010

Drs. Jaja Zaenudin


Drs. Jaja Zaenudin, dengan NIP 1963 0819 1988 03 001, adalah salah satu guru senior di MAN 2 Kota Bandung. Bagi keluarga besar MAN 2 Kota Bandung, kiranya akan setuju bila dikatakan bahwa Wakil Kepala yang satu ini, memang sangat mencintai dan mengenal betul bidang kerja yang menjadi garapannya, yaitu pengajaran dan pendidikan. Pak Jaja, itulah panggilannnya, adalah guru senior yang paham betul terhadap kurikulum madrasah, lebih khusus lagi kurikulum MAN 2 Kota Bandung. Bidang kerja kurikulum ini, bukan saja didapatnya di bangku kuliah, dan atau di MAN 2 ini, tetapi telah didalaminya sejak masih berstatus sebagai honorer. Beliau adalah guru yang memiliki pengalaman mengajar di berbagai sekolah dan daerah.

Pengalaman pendidikannya yang luas, memberikan satu ciri dari pribadinya sebagai seorang pendidik. Sarjana (lengkap) Matematika yang lulus pada tahun 1990 dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung ini, mulai mengajar pada yahin 1984, ketika menjadi honorer di Madrasah Aliyah Al-Falah Bandung. Dua tahun berikutnya Yayasan mengangkatnya menjadi Wakil Kepala Bagian Kurikulum dari sampai tahun 1990.

Diangkat sebagai PNS pada tahun 1988. Sejak tahun 1990-1994, beliau pun menjadi Wakil Kepala Bagian Kesiswaan di MAN Poncowati Lampung Tengah. Karena hasrat ingin mengabdikan diri ke kampung halamannya, kemudian pada tahun 1994 hijrah ke Kota Bandung, dan ditugaskan di MAN 2 Kota Bandung.

Di madrasah ini pun, kemudian beliau menduduki Jabatan sebagai Wakil Kepala Bagian Kurikulum (Wakamad Kurikulum). Hanya terselang satu semester, yaitu periode 2009-2010 (saat itu dijabat oleh Usep Suryana, S.Pd.,) bidang kurikulum ini kemudian dijabatnya kembali.

Guru yang menganut moto hidup "isy kariman au mut syahidan" (hidup mulia atau mati syahid) ini kelahiran 19 Agustus 1963 dikenal oleh rekan-rekan seprofesinya sebagai pejabat madrasah yang low profile (rendah hati), dan memiliki wawasan keakademikan yang tinggi. Gaya tutur dan dan sikap kepada rekan seprofesi, pegawai madrasah atau dengan TU, dikenal sangat santun, dan kalem. Komunikasi dengan pihak lain, betul-betul menunjukkan diri sebagai seorang guru. Di lain pihak, minat dan hasrat belajar terus dikembangkannya, oleh karena itu informasi dari siapapun dan kapanpun terus digalinya. Tak heran, bila saat ini pun beliau masih terus menuntaskan masa studinya, pada program Pascasarjana di Universitas Garut (UNIGA).

Kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, bukan hanya ditunjukkan di MAN 2 Kota Bandung. Pada saat ini pun, selain menjabat sebagai salah seorang pengurus di Persatuan Guru Madrasah (PGM Kota Bandung, bidang penelitian dan pengembangan Organisasi), bersama istri tercintanya (Mila, S.Ag) beliau menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Islam al-Fajar di Kabupaten Bandung.

Tidak ada komentar: